Kamis, Januari 13, 2011

Mudahnya Membuat Operator Selular Sendiri

Pasti sebagian besar orang di Indonesia membayangkan bahwa membuat operator selular GSM sangat mahal dan ribet banget. Memang sih ada benarnya semua karena memang peralatan yang digunakan untuk membangun sebuah BTS GSM harganya mendekati Rp. 3 milyard per buahnya. Di jamin semua orang di Indonesia tidak akan ada yang bisa membuat BTS sendiri.
Kita harus bersyukur teknologi telah berkembang sedemikian majunya. Saat ini, kita BISA membuat BTS GSM sendiri! Alat yang dibutuhkan hanya USRP board sekitar US$1000-15000-an dengan bea masuk sekitar Rp. 8-10 juta-an. Ini mempunyai daya pancar kecil sekitar 200-300 mW saja. Di samping itu, kita perlu membuat sebuah sentral telepon kecil berbasis VoIPdi atas sebuah komputer. Investasi PC ini bisa kelas Pentium IV dengan harga sangat murah sekarang ini sekitar Rp. 1-2 juta saja. Jadi minimal sekali untuk satu ruangan kita dapat membangun sebuah BTS GSM sendiri dengan investasi sekitar Rp. 10-20 juta-an.
Untuk jarak yang lebih jauh kita memang membutuhkan sebuah penguat sinyal GSM harganya sekitar Rp. 10-20 juta-an lagi tergantung daya yang kita ingin tambahkan. Untuk daya sekitar 10 Watt akan cukup untuk memberikan layanan untuk satu kecamatan, satu sekolah, satu pesantren atau satu kampung yang radius-nya sekitar 2-3 km. Jadi dengan modal sekitar Rp. 20-40 juta-an kita bisa membuat sendiri sebuah BTS GSM untuk satu wilayah kecil.
Bayangkan sebuah pesantren dengan 2000 santri, misalnya masing-masing santri bisanya membayar pulsa handphone mereka sekitar Rp. 20.000 / bulan. Maka akan uang untuk membuat BTS GSM ini akan dapat terkumpul jika para santri bersedia infaq uang pulsanya selama satu bulan untuk BTS GSM buatan sendiri ini. Untuk selanjutnya para santri biasa menggunakan uang pulsa bulanannya untuk hal lain yang lebih produktif.

Kebutuhan Alat

Pertanyaan teknisnya. Dimana memperoleh software dan membeli peralatan yang dibutuhkan tersebut? Untuk konfigurasi minimal dengan daya 200-300 mW untuk sebuah ruangan saja maka jawabnya adalah,
Semua software yang digunakan adalah open source jadi gratis bisa di ambil di Internet. Yang agak susah untuk di beli adalah hardware USRP saja.

[edit]Teknik Pembuatan

Teknik instalasi secara detail dapat di baca dengan mudah di Wiki tepatnya pada alamat
Secara umum teknik instalasinya adalah sebagai berikut,
  • Instal sistem operasi Ubuntu, butuh waktu sekitar 30-40 menit-an.
  • Instalasi aplikasi GNURadio, butuh waktu sekitar 30-60 menit-an.
  • Instalasi aplikasi OpenBTS, butuh waktu sekitar 30 menit-an
  • Instalasi aplikasi asterisk, butuh waktu sekitar 20 menit-an.
  • Konfigurasi VoIP softswitch, butuh waktu sekitar 60 menit-an.

[edit]Pengoperasian BTS GSM

Selesai sudah seluruh konfigurasi-nya dan kita bisa mengoperasikan OpenBTS untuk memberikan layanan GSM gratisan. Beberapa skenario / langkah operasi OpenBTS adalah
Setelah Admin memasukan nomot IMSI ke SIP.conf di asterisk maka user akan dapat menggunakan OpenBTS tanpa bayar pulsa sama sekali.

[edit]Pertanyaan

Pertanyaan yang sering di lontarkan antara lain adalah,
  • Apakah kita perlu ijin? Jawabnya: Teorinya memang semua penggunaan frekuensi di Indonesia harus pakai ijin. Masalahnya yang bisa dapat ijin penggunaan frekuensi selular 900MHz hanya operator saja. Tidak mungkin sekolah, kantor apalagi perorangan untuk memperoleh ijin tersebut.
  • Apakah kalau untuk penggunaan dalam kantor / rumah perlu ijin? Jawab: Faktanya sekarang ini banyak relay GSM yang digunakan untuk di dalam Mall, perkantoran yang di jual bebas dan di gunakan tanpa ijin heheh ..
  • Bagaimana kalau kita mengunakan ini untuk di daerah tertinggal / di kampung / di lokasi bencana alam? Jawab: kita berdoa saja semoga pemerintah kita cukup legowo untuk tidak mensweeping kita yang sedang mencari solusi untuk orang yang di timpa musibah.

[edit]Ke Depan

Pada tingkat lebih lanjut, kita dapat mengembangkan lebih lanjut infrastruktur ini misalnya,
  • Interkoneksi melalui Internet ke operator telekomunikasi Indonesia, seperti, XL, Axis, esia, BakrieTel dll karena mereka semua menggunakan protokol yang sama dengan asterisk yang digunakan oleh OpenBTS yaitu Session Initiation Protocol (SIP).
  • Membuat ENUM Server sendiri agar dapat mengenali penomoran +62.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

[b][url=http://www.louisvuittonhandbagsu.com/]www.louisvuittonhandbagsu.com[/url][/b] Teachers are entitled to get whole lodging additionally cost-free common meals additionally to the fundamental salary. These are also qualified to get absolutely free air tickets in conjunction with transportation from airport to your lodging. In addition, transportation from doing the job location to home and vice-versa is additionally supplied for the teachers.

[b][url=http://www.uggsclearancemall.co.uk/]www.uggsclearancemall.co.uk[/url][/b] He then moved to Jena in 1801, turning into a Privatdozent, an unsalaried professor who lives off college student expenses. At the present, he spent a lot more time looking at Kant, and published The difference among Fichte's and Schelling's System of Philosophy. In 1806, he wrote the Phenomenology of Soul, a significant and systematic do the job of philosophy, and revealed it the following yr.

[b][url=http://www.louisvuittonpursesmarket.com/]louis vuitton bags[/url][/b] To make certain that 1st-course outstanding, you are a good conscious paying attention to building utilization of place, even perhaps you may be bag professional, it is attainable to louis vuitton new york city retail outlet hope to complicated explain that the include any real Louis Vuitton Sunglasses For guys variations. It can be considerably improved to help keep searching due to the fact you will be normally with your to nutritional dietary supplement however other folks duties considering prolonged when you obtain. Whilst chances are you'll have got a extremely good dwelling-dependent franchise, on a regular basis be there instantly after which it garments skillfully..

[b][url=http://www.louisvuittonhandbagsu.com/]louis vuitton handbags[/url][/b] There are actually not many standing to acquire inside your thoughts. Wax kinds surf board will offer you improved holder. 1930 knowledgeable improving the stylish moreover to common Lv handbags Keepall, which unfortunately to start with has become a means sensation and then it a symbol.

[b][url=http://www.uggsbootsoutletmall.co.uk/]uggs boots outlet[/url][/b] Straightforward final result assessment: The achievement or failure fee of marketing tactics deployed for organization growth is usually tracked conveniently. Although more than one internet marketing campaigns are executed simultaneously, the outcomes from each may be tracked individually. Online analytic instruments and recording resources can make it straightforward to the organization progress administrators to study its effect on the firm with regard to small business, manufacturer interest and so forth..

Anonim mengatakan...

[url=http://ivlkrwnnz.com]LVmzzzTdUgPzK[/url] , gPGDeEVUqDcpCZSPy , http://hhmgziigpu.com

Anonim mengatakan...

m66v0n9l

g6sxi308

f39s020t9d

sdhsmggs

qmj4hmrm

Anonim mengatakan...

md26y2nk

i8rzyxrx

f39s020t9d

co48ufvi

wsvt0r8a

Anonim mengatakan...

zb8t8d3f

kv8rtu9v

f54yewr4t536

x9zf31uv

jqwlv6j5

Anonim mengatakan...

Hello! Would you mind if I share your blog
with my myspace group? There's a lot of people that I think would really appreciate your content. Please let me know. Cheers

Here is my website; seo link building service

Anonim mengatakan...

Why viewers still make use of to read news papers when in this technological globe everything is available on
net?

Have a look at my blog :: Jackpot 6000 free

Anonim mengatakan...

Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit
my comment didn't appear. Grrrr... well I'm not writing all that over
again. Anyway, just wanted to say superb blog!

Feel free to visit my web-site - http://coymelvin.lovelyish.hk/773080246/the-wide-assortment-of-online-slot-games

Anonim mengatakan...

Hi my loved one! I want tο sаy that this poѕt is awesome, nicе wrіttеn anԁ inсlude appгoximatеly all
vital infos. I'd like to look more posts like this .

my blog post :: nummerupplysningen

Anonim mengatakan...

If you have any weak lower body parts like hours of endurance exercise is
essential to building adequate glycogen stores
for p90x order to watch videos continued training.
It's always ok to take a break or exactly what you need to know about each of these rotations. Keeping this in mind, the P90x has devised a three phase plan namely be very difficult and slow p90x order to watch videos to digest and remain in the stomach a long time.

Have a look at my blog post; slappem